HUBUNGAN WORK FAMILY CONFLICT DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT WANITA DI RUMAH SAKIT PUTRI HIJAU MEDAN

Mompang Tua Parlagutan, Muchti Yuda Pratama

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan mengetahui hubungan work family conflict dengan stres kerja pada wanita bekerja. Berdasarkan fenomena yang ada, bahwa jumlah wanita berperan ganda yang meningkat dari tahun ke tahun dan tidak jarang peran ganda itu sendiri banyak menimbulkan permasalahan bagi wanita yang menjalaninya.

Konflik peran ganda adalah salah satu bentuk konflik antar peran yang diakibatkan peran dalam pekerjaan dan keluarga saling tidak cocok satu sama lain. Subjek penelitian ini berjumlah 76 orang wanita yang sudah menikah, memiliki anak, dan memiliki anak usia pra sekolah. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan incidental sampling. Uji linearitas menggunakan compare means test for linearity  untuk melihat hubungan antara konflik peran ganda (independent variable) dengan stres kerja (dependent variable) pada wanita bekerja. Alat ukur yang digunakan adalah skala konflik peran ganda yang disusun sendiri oleh peneliti dengan dimensi-dimensi konflik peran ganda yang dikemukakan oleh Greenhause dan Beutell (1985). Skala tingkat stres kerja yang disusun oleh peneliti dengan gejala-gejala stres kerja yang dikemukakan oleh Rice (1992). Skala Konflik peran ganda memiliki nilai reliabilitas (rxx) = 0.890 dan terdiri dari 54 aitem, sedangkan skala stres kerja memiliki nilai reliabilitas (rxx) =  0.761 dan terdiri dari 50 aitem. 

Analisa penelitian menggunakan Analisa Regresi Linear Sederhana. Berdasarkan Hasil analisa data ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara konflik peran ganda dengan stres kerja dengan nilai r = 0.777, r= 0.000. Artinya semakin tinggi konflik peran ganda maka akan semakin tinggi pula tingkat stres kerja yang dimiliki, dan sebaliknya, semakin rendah work family conflict  maka tingkat stres kerja akan semakin rendah pula.

Kata Kunci: konflik peran ganda, stres kerja, wanita bekerja 


Full Text:

PDF

References


Ancok, J,. dan Suroso, F. (2005). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

As’ad, M. (1990). Psikologi Industri. Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Austin, M.W. (2004). Occupational Stress and Coping Mechanisms as perceived by the Directors of Adult Literacy Educational Programs in Texas. Journal of

Dessler, G. (1997). Human Resource Management 7th edition, New Jersey: Prenctice Hall.

Dharmawan, L.L, (2005). Prinsip-prinsip Dukungan Psikososial Pascabencana. Jurnal Psikologi. Tanggal akses 05 April 2008

Diahsari, E.Y. (2001). Kontribusi Stres pada Produktivitas Kerja. Surabaya : Anima : Indonesian Psychologycal Journal.

Effendi, M. (2001). Stres Akibat Kerja yang Dihadapi Oleh Guru Sekolah Luar Biasa. Jurnal Umum Psikologi. Tanggal akses 19 Maret 2009.

Egelman, W. (2004). Understanding Families. New York: Pearson Education.

Greenhause, J.H. dan Beutell, N.J. (1985). Sources of conflict between work and family roles. Academy of Management Review, 10 (1), 76-88.

Gunarsa, S, dan Gunarsa, D. (2000). Psikologi praktis: Anak, remaja dan keluarga. Jakarta: Gunung Mulia

Gunn, J.B. (1994). Women in Midlife. Plenum Press : New York and London.

Hadi, S. (2000). Metodologi Research (jilid 1). Yogyakarta : Andi Offset.

Handoko, T.H. (1995). Managemen Personalia. Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.

Hardyastuti, S. (2001). Pengurangan Konflik Peran Kerja dan Peran Keluarga : Siapa Pelakunya?. Jurnal Psikologi. Tanggal Akses : 12 Januari 2009.

Hennessy, T. (2005). Work-family conflict self-efficacy: A scale validation study. Journal of Manageril Psychology. Tanggal akses: 17 Mei 2009.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi ke-5). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ihromi, T.O. (1990). Para Ibu yang Berperan Tunggal dan yang Berperan Ganda. Jakarta : Lembaga Penerbit FE-UI.

Wiley, C. (2000). A Synthesis of Research on the Causes, Effects, and Reduction Strategies of Teacher Stress. Journal of Instructional Psychology.




DOI: https://doi.org/10.34008/jurhesti.v1i1.2

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF View - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

This work is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License