PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP LAYANAN KEGIATAN MAHASISWA S1 KEPERAWATAN DI FAKULTAS KEPERAWATAN USU

Syaiful Syaiful

Abstract


Layanan kegiatan mahasiswa yang merupakan salah satu evaluasi internal dalam penyelenggaraan program studi pendidikan tinggi. Hasilnya dapat digunakan untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa khususnya untuk pengembangan soft skill. Penelitian deskriptif eksploratif dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap layanan kegiatan mahasiswa S1 Keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Sampel adalah mahasiswa S1 reguler semester 3, 5 dan 7 dengan menggunakan tehnik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang melibatkan 80 responden mahasiswa S1 Keperawatan reguler. Hasilnya menunjukan 68,7 %  mempunyai persepsi yang tidak baik terhadap lima layanan yaitu layanan bimbingan dan konseling, layanan minat dan bakat, layanan pembinaan soft skills, layanan beasiswa dan layanan kesehatan. Direkomendasikan untuk meningkatkan layanan kegiatan mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara yang mencakup layanan bimbingan dan konseling, minat dan bakat dan pembinaan soft skills yang saat ini belum ada.

Kata Kunci :  Persepsi, Layanan Kegiatan, Mahasiswa S1 Reguler


Full Text:

PDF

References


Alimul. (2002). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah.Penerbit Salemba Medika

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik edisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Arikunto. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta :PT. Penerbit Rineka Cipta

BAN PT. (2008). http://ban-pt.kemdiknas.go.id. Borang Akreditasi Program Sarjana (4 April 2013)

Sitohang. Dewi Anggraini. (2009). Analisis harapan dan persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan administrasi pada departemen manajemen Fakultas Ekonomi USU. Medan : FAkultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

(dipublikasikan di : http://repository. usu.ac.id/handle/123456789/30269pdf, diakses oleh Syaiful, 18 Mei 2013, jam 4.36 Wib).

Bahrul Kirom. (2012). Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen : Bandung Pustaka Reka Cipta

MIF Baihaqi, dkk. (2005). Psikiatri Konsep Dasar dan Gangguan-gangguan.

Hartono. (2010). Metode Penelitian. Penerbit Zanafa Publishing.

http://www.usu.ac.id/id/files/panduan/keperawatan.pdf, Panduan Perkuliahan S-1 Keperawatan (diakses oleh Syaiful. 4 April 2013 Jam 21.00 wib)

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Penerbit Salemba Medika

Rakhmat. (2004). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Setiadi. (2007). Konsep & Penulisan Riset Keperawatan. Penerbit Graha Ilmu

Sobur. (2003). Psikologi umum. Bandung : CV Pustaka Setia

Sunaryo. (2002). Psikologi untuk keperawatan. Penerbit buku kedokteran : EGC

UU RI No. 12 (2012). Pendidikan Tinggi 2012 Penerbit Sinara Grafika

Notoatmodjo, 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.34008/jurhesti.v1i1.4

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF View - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

This work is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License