KUALITAS HIDUP PENDERITA KANKER PAYUDARA ( CA MAMAE ) DI POLI ONKOLOGI RSU DR. PIRNGADI MEDAN

Evamona Sinuraya

Abstract


        Periode setelah penentuan diagnosa seseorang menderita kanker payudara adalah saat- saat yang menakutkan bagi kebanyakan perempuan. Vonis menderita kanker payudara, memyebabkan pikiran mereka tertuju kepada kematian, dan hal inilah salah satu yang memicu depresi sehingga mempengaruhi kualitas hidup penderita kanker payudara.

        Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas hidup penderita kanker payudara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di RSUD dr. Pirnagdi Medan. Informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang (4 informan utama, 4 informan pendukung). Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara.

        Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan fisik penderita kanker payudara menurun karena merasakan nyeri, berdenyut denyut pada daerah payudara, mengalami kebas, kehilangan payudara setelah dilakukan operasi atau pengangkatan. Beban psikologis semakin berat dirasakan penderita kanker payudarasetelah divonis kanker payudara. Perasaan sedih, cemas, takut, kecewa, marah pada Tuhan, putus asa, hilang percaya diri, malu, stress dan depresi menyebabkan pasien ingin bunuh diri. Hubungan sosial dengan masyarakat sekitar tetap dijaga dengan baik oleh penderita kanker payudara dengan tetap mengikuti kegiatan–kegiatan dimasyarakat. Lingkungan yang tidak nyaman kurang memberikan rasa aman bagi penderita kanker payudara semakin meningkatkan stress penderita. Kekurangan finansial untuk biaya pengobatan menambah beban bagi penderita kanker payudara. Dukungan sosial diperoleh penderita kanker payudaradari orang orang terdekatnya seperti adik, anak dan suami. Dukungan orang-orang terdekat membuat penderita menjadi lebih kuatmenjalani hidup dan mempunyai harapan yang lebih baikpada masa yang akan datang.

     Disarankan kepada keluarga (suami, anak, adik, dan lain-lain) tetap memberi dukungan dalam bentuk apapun yang nantinya dapat membuat penderita kanker payudara tersebut merasa kuat dan kualitas hidup meningkat.

Kata kunci : Kualitas hidup, Kanker payudara


Full Text:

PDF

References


Melia. Hubungan antara frekuensi kemoterapi dengan status fungsional pasien kanker yang menjalani kemoterapi di RSUP Sanglah Denpasar. Bali: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana; 2012.

Nawawi Q. Kematian akibat kanker meningkat menjadi 8,2 juta [berita di internet]. 2013 [diunduh tanggal 02 Oktober 2014]. Tersedia dari: www.health.okezone.com/read/2013/12/13/482/911746/kematian-akibat-kanker-meningkat-menjadi-8-2-juta.

Miller G. Pencegahan dan pengobatan penyakit kanker. Cetakan Pertama. Jakarta: Prestasi Pustakakarya; 2012.

Depkes RI, Riset kesehatan dasar tahun 2012. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2013.

RSU dr. Pirngadi Medan. Data rekam medik RSU dr. Pirngadi Medan, jumlah penderita kanker payudara (ca mammae) tahun 2013 dan 2014. Medan: RSU dr. Pirngadi Medan; 2014.

Sari QNR. Dukungan sosial pada penderita kanker payudara di masa dewasa tengah. Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma; 2012.

Wijayanti A, Fitri H. Penatalaksanaan gizi pada penderita kanker payudara. Makalah Pertemuan Ilmiah Nasional (PIN) ke-III. Semarang; 2012.

Lubis NL. Dampak intervensi kelompok cognitive behavorial therapy dan kelompok dukungan sosial dan sikap menghargai diri sendiri pada kalangan penderita kanker payudara. Makara Kesehatan, 2011; 15(2): 65-72.

Nurcahyo J. Awas bahaya kanker rahim dan kanker payudara, mengenal, mencegah dan mengobati sejak dini dua kanker pembunuh yang paling ditakuti wanita. Yogyakarta: Wahana Totalita Publsiher; 2010.

Yohana, Yovita, dan Yessica. Kehamilan dan persalinan. Edisi I (Kesatu) Jakarta: Garda Media; 2011.

Luwia MS. Problematik dan perawatan payudara. Cetakan Pertama. Jakarta: Agromedia Pustaka; 2010.

Wiknjosastro H. Ilmu kebidanan. Cetakan Pertama, Jakarta: Yayasan Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2010.




DOI: https://doi.org/10.34008/jurhesti.v1i1.8

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF View - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

This work is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License